Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Friday, August 19, 2011

Teori Bumi Membesar Dikubur

/ On : 1:19 AM/ Thank you for visiting my small blog here.

Teori Bumi Membesar Dikubur

Jumat, 19 Agustus 2011 06:48 WIB
Foto : AP/NASA/pj

PADA akhirnya, para ilmuwan kini bisa beristirahat dengan tenang setelah rumor meresahkan yang menyebut bahwa Bumi semakin gemuk.

Sejak masa Darwin, para ilmuwan telah berspekulasi bahwa planet kita mungkin memperluas atau menegangkan dirinya.

Apalagi adanya persetujuan tentang lempeng tektonik setengah abad lalu sehingga menjelaskan gerakan cangkang terluar Bumi dalam skala besar.

Itu membuat sejumlah ilmuwan Bumi dan luar angkasa terus berspekulasi tentang kemungkinan perluasan atau kontraksi Bumi.

Sekarang, semua spekulasi dan rumor itu dapat dikubur.

"Penelitian kami memberikan konfirmasi independen bahwa Bumi padat sehingga tidak menjadi lebih besar daripada saat ini," kata Xiaoping Wu dari Jet Propulsion Laboratory NASA.

Menggunakan alat pengukuran angkasa dan teknik perhitungan data baru, sebuah tim ilmuwan NASA tidak mendeteksi ekspansi yang signifikan dari kepadatan Bumi.

Namun, mereka tidak memperkirakan perubahan radius planet, sekitar 0,004 inci (0,1 milimeter) per tahun atau sekitar ketebalan rambut manusia. Ini dianggap statistik yang tidak signifikan.

Parameter yang baru dibentuk akan memberikan kerangka dasar terhadap yang ilmuwan untuk dapat mengukur gerakan kerak Bumi. Meskipun planet ini tidak tumbuh, tapi terus berubah. (LiveScience.com/OL-5)

0 comments:

Post a Comment

RelasinyaNews Teknologi: Teori Bumi Membesar Dikubur

Total Pageviews

Popular Posts

Featured Video