Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Thursday, September 29, 2011

Awas, Trojan Kini Menyerang Pengguna Mac

/ On : 10:00 AM/ Thank you for visiting my small blog here.

Awas, Trojan Kini Menyerang Pengguna Mac

Kamis, 29 September 2011 13:04 WIB
Foto : www.metrotvnews.com

JAKARTA : Sebuah trojan baru-baru ini terdeteksi beredar di sistem operasi Mac OS X. Perusahaan keamanan F-Secure mendeteksi program berbahaya (malware) tersebut dengan nama Trojan-Dropper:OSX/Revir.A.

Pembuat malware tampaknya mencoba meniru teknik tipuan yang biasa dipakai untuk menyebarkan virus di pengguna Windows, yaitu dengan menyusupi malware ke dalam file PDF berekstensi .pdf.exe dan menggunakan icon PDF. Pastinya, trojan tersebut menyamar sebagai file PDF untuk mengelabui user.

Isi dokumen PDF diketahui berupa tulisan berbahasa China yang berhubungan dengan isu politik, yakni terkait Kepulauan Diaoyu (Senkaku) â€" wilayah di perairan timur China â€" yang telah dipersengketakan sejak lama antara Jepang dan Korea Selatan.

Tanpa disadari, malware akan terinstal di komputer ketika korban membuka dokumen tersebut. Malware tersebut juga akan menginstal sebuah backdoor bernama Backdoor:OSX/Imuler.A, agar pembuat malware bisa mengakses komputer korban secara remote (jarak jauh).

Belum diketahui metode yang digunakan pembuat malware untuk menyebar trojan ini. Diduga, cara yang paling memungkinkan adalah dengan menyebarkannya melalui e-mail attachment.

Pun diduga, pembuat malware bisa saja hanya melakukan uji coba untuk melihat apakah sampel malware tersebut terdeteksi oleh para vendor antivirus. (Metrotv/OL-9)

0 comments:

Post a Comment

RelasinyaNews Teknologi: Awas, Trojan Kini Menyerang Pengguna Mac

Total Pageviews

Popular Posts

Featured Video