Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Friday, December 30, 2011

Dua Pesawat Sampai Orbit Bulan pada Tahun Baru

/ On : 9:00 AM/ Thank you for visiting my small blog here.

Dua Pesawat Sampai Orbit Bulan pada Tahun Baru

Jumat, 30 Desember 2011 06:12 WIB
Foto : Permukaan bulan -- AP/NASA/wt

PERHITUNGAN mundur menuju Tahun Baru untuk mencapai orbit bulan dimulai. NASA pada Rabu (28/12) mengatakan bahwa pesawat ruang angkasa kembar sedang menuju bulan setelah perjalanan selama 3,5 bulan.

"Kami sedang dalam perjalanan ke sana," kata manajer proyek David Lehman dari Jet Propulsion Laboratory yang mengelola misi tersebut dengan nilai US$496 juta.

Pesawat Grail (Gravity Recovery And Interior Laboratory) tidak akan mendarat di permukaan bulan. Keduanya hanya mengikuti orbit untuk mempelajari medan gravitasi bulan yang tidak merata.

Grail-A dijadwalkan tiba pada malam Tahun Baru dan diikuti Grail-B pada hari Tahun Baru. Tapi, anggota tim tidak akan merayakan Tahun Baru sampai kedua pesawat aman di orbit.

Itu merupakan perjalanan panjang untuk pesawat ruang angkasa Grail yang hampir identik yang menempuh lebih dari 2,5 juta mil (3,22 juta kilometer) sejak diluncurkan pada September.

Setelah di orbit, pesawat akan menghabiskan dua bulan ke depan untuk memantapkan posisi mereka sebelum mulai mengumpulkan data pada Maret.

Pasangan tersebut akan terbang dalam formasi pada ketinggian 34 mil (54,72 kilometer) di atas permukaan dengan jarak antara keduanya rata-rata 124 mil (199,55 kilometer).

Kepala misi ilmuwan Maria Zuber dari Massachusetts Institute mengatakan banyak aspek dari bulan tetap menjadi misteri meskipun telah dipelajari dengan baik.

"Kami benar-benar tahu lebih banyak tentang Mars daripada tentang bulan kita sendiri," kata Zuber. (AP/OL-5)

0 comments:

Post a Comment

RelasinyaNews Teknologi: Dua Pesawat Sampai Orbit Bulan pada Tahun Baru

Total Pageviews

Popular Posts

Featured Video