Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Thursday, January 12, 2012

Astronom Temukan Gugusan Galaksi Si Gendut

/ On : 9:00 AM/ Thank you for visiting my small blog here.

Astronom Temukan Gugusan Galaksi Si Gendut

Kamis, 12 Januari 2012 07:37 WIB
Foto : NASA/vg

PARA astronom telah menemukan gugusan galaksi berukuran raksasa. Gugusan galaksi yang ditemukan dengan teleskop Atacama Cosmology di kawasan pegunungan Cile itu diklaim memiliki struktur terbesar di alam semesta.

Saking besarnya, gugusan tersebut dinamakan El Gordo, yang dalam bahasa Spanyol bermakna Si Gendut. El Gordo berada dalam jarak tujuh miliar tahun cahaya dan mempunyai massa dua juta kali lebih berat daripada Matahari. Para astronom masih berusaha mencari tahu bagaimana mereka (El Gordo) terbentuk dan bisa bergabung menjadi satu gugusan.

"Para astronom berharap untuk lebih memahami bagaimana mereka membentuk, tumbuh, dan bertabrakan dengan satu sama lain," kata Jack Hughes dari Universitas Rutger, Jew Jersey, AS.

Dalam Pertemuan Ke-129 Komunitas Astronomis Amerika, yang berlangsung pada 8-12 Januari 2012 ini, para astronom menyebutkan El Gordo sedang merger dan tumbuh lebih besar. "Dengan memahami perangkat dalam El Gordo, kita bisa memahami waktu evolusi formasi struktur alam semesta," jelas Hughes. (BBC/*/OL-10)

0 comments:

Post a Comment

RelasinyaNews Teknologi: Astronom Temukan Gugusan Galaksi Si Gendut

Total Pageviews

Popular Posts

Featured Video