Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Wednesday, January 11, 2012

Rusia Tuding Satelitnya Rusak karena Sabotase Asing

/ On : 9:00 AM/ Thank you for visiting my small blog here.

Rusia Tuding Satelitnya Rusak karena Sabotase Asing

Rabu, 11 Januari 2012 08:00 WIB

MOSKOW : Beberapa kegagalan pada sejumlah satelit Rusia baru-baru ini mungkin hasil sabotase oleh kekuatan asing.

Kepala Roscosmos Vladimir Popovkin memang menyetop tuduhan negara yang melumpuhkan satelit Rusia.

Namun, dalam wawancara yang diterbitkan pada Selasa (10/1) di harian Izvestia, ia mengatakan beberapa pesawat Rusia telah menderita kerusakan tanpa bisa dijelaskan. Kerusakan itu terjadi saat berada di luar jangkauan fasilitas pengendalian Rusia.

Popovkin mengatakan dia tidak ingin menyalahkan, tetapi teknologi modern membuat pesawat ruang angkasa rentan terhadap pengaruh luar.

"Saya tidak ingin menuduh siapa pun, tapi hari ini terdapat sesuatu yang kuat dan memungkinkan untuk mempengaruhi pesawat ruang angkasa. Karenanya, mereka tidak dapat dikesampingkan," katanya.

Popovkin menambahkan bahwa pada 2013 Rusia akan meluncurkan tiga satelit komunikasi baru yang akan mampu untuk memancarkan kembali sinyal dari pesawat ruang angkasa lain saat mereka terbang di atas belahan bumi lain.

Juru bicara Roscosmos Alexei Kuznetsov menolak untuk menguraikan pernyataan Popovkin tersebut.

Pernyataan itu merupakan yang pertama kalinya disampaikan seorang pejabat senior pemerintah Rusia yang mengklaim sabotase asing telah digunakan untuk menonaktifkan salah satu satelit negara.

Popovkin membuat komentar tersebut ketika ditanya mengenai kegagalan pesawat tanpa awak Phobos-Ground yang menjelajahi salah satu bulan Mars kembar, Phobos, namun kini tengah jatuh menuju Bumi setelah peluncurannya pada 9 November 2011. (AP/OL-5)

0 comments:

Post a Comment

RelasinyaNews Teknologi: Rusia Tuding Satelitnya Rusak karena Sabotase Asing

Total Pageviews

Popular Posts

Featured Video