Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Monday, December 12, 2011

Pekan Depan, Pengumuman tentang Partikel Tuhan

/ On : 9:00 AM/ Thank you for visiting my small blog here.

Pekan Depan, Pengumuman tentang Partikel Tuhan

Senin, 12 Desember 2011 06:15 WIB
Foto : AP/Martial Trezzini/vg

PENCARIAN bagian dari atom yang disebut sebagai Higgs boson atau partikel Tuhan segera memperoleh pencerahan pada pekan depan.

Rencananya, para ilmuwan di laboratorium Swiss, European Organization for Nuclear Research (CERN), yang memiliki penghancur atom terbesar di dunia bernama Large Hadron Collider (LHC), akan mengumumkan temuan terbaru mereka tersebut.

Berita itu ditanggapi sejumlah blog dan berita daring (online) yang berspekulasi tentang datangnya sebuah pengumuman besar.

Laboratorium CERN di Jenewa telah memperingatkan bahwa eksperimen mereka belum memperoleh cukup data untuk membuat pernyataan konklusif tentang ada atau tidaknya Higgs boson.

Meski begitu, BBC melaporkan bahwa ilmuwan yang dihormati dari CERN mengharapkan untuk melihat pandangan sekilas tentang Higgs boson pada minggu depan.

LHC merupakan terowongan melingkar di bawah tanah sepanjang 17 mil (27 kilometer). Di sini, partikel-partikel menabrak satu sama lain dengan kecepatan yang mendekati cahaya.

Tabrakan itu menghasilkan sejumlah besar energi dan melepaskan partikel eksotis, mungkin termasuk Higgs boson.

Mendeteksi Higgs boson akan menjadi lompatan besar, karena partikel dengan massa itu merupakan komponen integral dari dunia fisik.

Kemampuan partikel tersebut untuk menjelaskan begitu banyak tentang alam semesta untuk mendapatkan sesuatu yang di kalangan masyarakat disebut bagian dari partikel Tuhan.

Partikel diperkirakan memiliki massa antara 114 dan 185 gigaelectronvolt atau GeVs. Satu GeV adalah setara dengan massa proton, partikel bermuatan positif dalam inti atom.

Pada Juli, tim LHC melaporkan massa Higgs kemungkinan berada antara 120 dan 140 GeV. (LiveScience.com/OL-5)

0 comments:

Post a Comment

RelasinyaNews Teknologi: Pekan Depan, Pengumuman tentang Partikel Tuhan

Total Pageviews

Popular Posts

Featured Video